Ibu Baru Terancam Baby Blues, Yuk Lakukan Ini Agar Tidak Terjadi!

Baby Blues

Setelah melahirkan banyak wanita yang rentan mengalami gangguan atau perubahan mood yang parah. Kondisi mood swing pada ibu hamil disebut dengan istilah baby blues syndrome yang berlanjut sampai persalinan bahkan sering terjadi lebih parah. Lalu apa itu baby blues syndrome ini? baby blues syndrome adalah sebuah kondisi yang dialami wanita berupa munculnya perasaan sedih yang berlebihan. Perubahan suasana hati ini umumnya terjadi pasca melahirkan. Biasanya baby blues ini akan memburuk pada 3-4 hari pasca melahirkan dan biasanya hanya terjadi 14 hari pertama. Akan tetapi meskipun begitu baby blues itu tidak dapat dianggap remeh.

Apa itu baby blues syndrome?

Baby blues ini sering terjadi karena kondisi hormone di dalam tubuh wanita yang berubah. Ketika hamil seorang wanita mengalami banyak perubahan dari segi fisik sampai batin termasuk hormone dan emosionalnya. Setelah melahirkan terdapat perubahan hormon di dalam tubuh yang mempengaruhi perasaan tersebut. Penurunan kadar estrogen dan progesteron yang diproduksi oleh kelenjar tiroid dapat menyebabkan ibu menjadi mudah lelah, perubahan emosi sampai depresi. Selain itu kelelahan karena merawat anak yang baru lahir, kurangnya peran suami dan tekanan dari luar menjadi penyebab munculnya apa itu baby blues syndrome.

Gejala baby blues syndrome

Ada beberapa gejala yang menyertai baby blues ini seperti munculnya rasa sedih yang menyebabkan ibu menangis dan merasa depresi, emosi yang lebih labi dan mudah marah, muncul rasa takut yang tidak beralasan, merasa kelelahan, sulit tidur, dan sering sakit kepala, merasa kurang percaya diri dan muncul beberapa kecemasan yang berlebih baik kecemasan pada diri sendiri maupun anak.

Cara mengatasi baby blues syndrome

Ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengurangi apa itu baby blues syndrome seperti melakukan persiapan melahirkan mulai dari persiapan fisik, mental dan materiil karena ketika ibu siap dengan kehadiran buah hati tentunya rasa cemas juga akan hilang, mencari banyak informasi seputar persalinan agar tidak kaget, berbagi beban bersama pasangan adalah cara terbaik, berbagi pengalaman dengan ibu – ibu lain, memperhatikan pola makan dan istirahat secara cukup, selalu berpikiran positif.

Dengan menerapkan beberapa cara tersebut tentunya anda dapat meminimalisir yang namanya apa itu baby blues. Dengan begitu tentunya juga akan membuat anda menjadi lebih tenang dan lebih bahagia dalam menyambut buah hati anda.